Kendala
yang sering ditemukan dalam usaha kaos adalah soal pemasaran. Masalah
ini karena kebutuhan dan permintaan kaos berdasarkan musiman. Ini
sebabnya kenapa produksi kaos meningkat pada musim-musim tertentu.
Ada
dua tips yang bisa meningkatkan penjualan kaos sehingga pendapatan bisa
tetap lancar. Usaha kaos memiliki prospek yang cukup baik dan tidak
pernah surut asalkan dijalani dengan kreatif dan tetap up to date alias
tidak basi dalam desain kaos.
Hebatnya, kaos adalah jenis pakaian
yang lintas jenis kelamin, laki-laki dan perempuan, anak-anak dan orang
dewasa semuanya adalah pasar yang potensial. Usaha kaos merupakan usaha
yang promising alias punya masa depan. Bisnis kaos tidak terbatas.
Dari
berbagai cerita, gagalnya bisnis kaos karena pemilik usaha kurang
kreatif dalam menghasilkan produk ini, penjualannya sering menunggu
musim atau momen hasilnya usaha kaos cuman usaha musiman aja, porfitnya
juga cuman musiman.
Selain soal kreativitas dan penjualan, hal
bisa menurunkan profit juga karena persaingan sesama pengusaha kaos.
Makin hari kayaknya makin banyak aja pengusaha kaos. Jangan berkecil
hati dulu, dengan kreatifitas dan inovasi kita dalam segala hal usaha
kita akan tetap bertahan. Terutama inovasi dan kreatifitas dan bagaimana
memasarkan produk.
Teknik penjualan atau pemasaran yang bisa
meningkatkan volume penjualan adalah dengan melakukan hubungan baik
dengan pasar, misalnya dengan pihak sekolah, komunitas anak-anak muda,
komunitas organisasi, partai politik dan instansi pemerintah maupun
swasta atau event organizer.
Hubungan dengan pihak-pihak tersebut
akan menambah order yang berujung pada peningkatan profit karena
memesan dengan jumlah besar. Kalau sudah mendapatkan kepercayaan
mengerjakan dengan partai besar, masalahnya apakah kita sudah siap
dengan alat produksi dan orang-orang?
Syukurlah kalau usaha kaos
tidak berdasarkan dengan musim-musim tertentu saja. Upayakan juga order
kaos yang menghampiri kita terjadi setiap saat. Caranya ? mudah. Buatlah
produk kaos yang kretif dengan desain dan kualitas kaos yang bagus.
Setelah
memiliki desain dan produk kaos yang kreatif dan sesuai dengan
kebutuhan atau desain yang sedang trend saat ini, langkah berikutnya
bagaimana kita bisa memperkenalkan dan menjual produk kaos itu. Contoh
desain yang trend saat ini misalnya tokoh angry birds, desain gaul atau
desain yang sangat lokal atau bisa juga tulisan atau kata-kata yang
lucu. (*/ian)
sumber : http://ciputraentrepreneurship.com/entrepreneur/remaja/16184-profit-lancar-dengan-bisnis-kaos.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar